Jumat, 07 November 2014

Tips Menyimpan Beras Dalam Plastik Dan Karung




mesin packing beras – Menyimpan beras di rumah memang bisa dibilang merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang, terkadang jika kita memiliki stok beras yang melimpah pastinya kita akan bingung untuk meletakannya dimana? Untuk sebagian orang yang memiliki tempat penyimpanan beras pastinya tak merasa kesulitan dengan masalah tersebut, namun bagaimana jika kita memiliki keterbatasan tempat penyimpanan? Sebenarnya ada alternatif cara penyimpananan yang paling sederhana untuk beras/gabah yang anda miliki, anda bisa menggunakan kemasan biasa jika anda inginkan. Nah jenis kemasan tersebut bisa seperti Karung, Plastik, hingga kemasan yute.. Nah untuk kali ini mari kita bahas cara menyimpan beras dengan plastik dan karung yuk, oke chek this out :

  • ·         Bersihkan ruangan yang akan di jadikan tempat penyimpanan beras, biasanya posisi paling favorit di rumah adalah di ruangan dapur. Ada baiknya anda membersihkan ruangan dapur dengan fungisida ataupun insktisida
  • ·         Beras kering sangat rentan sekali terhadap air, maka sebelum anda meletakan beras ke dalam plastik..pastikan alasnya menggunakan kayu/papan agar plastik beras tak bersentuhan langsung dengan lantai
  • ·         Pisahkan kemasan plastik beras anda dengan aneka macam ukuran, seperti 2liter, 3 liter hingga 5 liter (disesuaikan dengan jumlah anda memasak nasi sehari-hari).
  • ·         Maksimal tumpukan plastik beras adalah 5 tumpukan
  • ·         Pastikan beras yang anda kemas kedalam plastik terhindar dari kelembaban atau basah, anda bisa menggunakan mesin packing beras / mesin vacum sebagai alternatifnya
  • ·         Sudut penyimpanan beras harus mudah di bersihkan, oleh karena itu di anjurkan bagi anda untuk meletakan beras pada ruangan dapur yang sangat mudah di jangkau, kering dan gampang di bersihkan.
Selanjutnya tips bagaimana menyimpan beras dengan menggunakan media kemasan karung :

  • ·         Kemasan karung harus dapat melindungi gabah dari kerusakan dalam pengangkutan dan atau penyimpanan.
  • ·         Kemasan karung tidak boleh mengakibatkan kerusakan atau pencemaran terhadap gabah yang disimpannya. Oleh karena itu bahan kemasan/karung dan karung tidak membawa organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti serangga hama.
  • ·         Kemasan karung harus kuat,dapat menahan tumpukan dan melindungi fisik dan tahan terhadap goncangan serta dapat mempertahankan keseragaman.
Nah simple bukan keduamedia penyimpanan beras tadi? Yang penting jika anda tidak mempunyai wadah penyimpanan beras yang baik anda masih bisa menggunakan media alternatif lain.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nice Info gan..
    bisa mampir mampir ke mari gan...
    PT Sinergy Indopack Makmur
    Supplier dan Distributor Kemasan Aluminium Foil dan Kemasan Plastik
    Aman untuk makanan dan bersertifikat

    website :
    www.kemasansinergy.com

    BalasHapus