Senin, 30 Januari 2012

Tips Mencegah Kebakaran


Alat Pemadam Api - Kebakaran seringkali menjadi momok yang menakutkan, terutama di kota-kota besar. Kebakaran mengakibatkan banyak kerugian baik secara materi bahkan sampai jiwa.


Kebakaran biasanya terjadi karena kelalain kita sendiri. Namun ada baiknya kita mencegah dan harus berhati-hati sedari awal. Ada bebarapa persiapan atau tips cegah kebakaran.

- Selalu mencatat nomor-nomor penting apabila terjadi kebakaran. Anda bisa membuat tempelan kertas yang berisi nomor penting di dinding rumah, ditempat yang terlihat. Atau bisa juga menyimpan nya di nomor handphone Anda.

- Hindari merokok di tempat yang berpotensi menimbulkan kebakaran, misalnya di sofa, karpet atau kasur apalagi dekat pom bensin J.

- Untuk bagian dapur, sebaiknya anda harus teliti dan memastikan bagian kompor aman, apalagi jika menggunakan tabung gas, pstikan dalam kondisi yang tepat dan tidak bocor. Sebaiknya sediakan juga alat pemadam api ringan di dapur untuk mencegah kebakaran secara cepat.

- Jauhi pemantik atau korek api dari jangkauan anak-anak.

- Salah satu alat untuk mencegah kebakaran adala smoke detector. Alat ini bisa mendeteksi secara cepat. Agar alat ini berfungsi secara maksimal pastikan anda mengeceknya secara rutin.

- Bikin juga rencana penyelamatan jika terjadi kebakaran. Anda bisa memberitahu semua keluarga apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran. Baik itu cara menggunakan Alat Pemadam Api ringan atau pu rute keluar dari rumah yang aman.

Semoga dengan tips ini kita bisa terhindar dari resiko kebakaran.(wk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar