Rabu, 10 April 2013

Cara membuat Peredam Suara untuk Kamar


Maket - Bagi Anda yang senang bermain musik di kamar, namun tidak mengganggu lingkungan sekitar tentunya harus memiliki ruangan yang kedap suara. Dengan memiliki kamar yang sekaligus memiliki fasilitas rekam tentunya akan banyak membantu anda baik dalam belajar musik ataupun mengarang sebuah lagu.


http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/images/idea/renovasi/ciptakan-ruang-kedap-suara-dengan-tempat-telur-dan-buah/9547878-1-ind-ID/Ciptakan-Ruang-Kedap-Suara-dengan-Tempat-Telur-dan-Buah_thumbnaildetail.jpg

Membuat ruangan kedap suara tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan peralatan yang tepat dan pengerjaan yang cermat, ruangan kedap suara untuk Anda bermusik bisa terwujud. Ada beberapa tahap bagi Anda untuk membuat ruang kedap suara sendiri.

- Bersihkan kotoran yang menempel pada dinding Anda terlebih dahulu dan pastikan ruangan yang digunakan tidak lembap. Hal ini dikarenakan tempat telur dan tempat buah sangat rentan terhadap air dan kelembapan. Jika atap bocor, segera perbaiki agar bocoran tidak menyebar dan merusak dinding kedap suara.

- Tempelkan karpet ke seluruh dinding ruangan menggunakan paku. Ambil tempat telur kemudian rekatkan dua tempat telur ke dinding dengan menggunakan staples atau lem. jajarkan hingga menutupi seluruh bidang ruangan. Lakukan penanganan yang serupa pada bagian plafon.ruangan. Agar tampilan lebih bervariasi, Anda dapat mengkombinasikannya dengan tempat buah.

- Tutup celah diantara jajaran tempat telur dengan lakban kertas
Laburkan cat tembok warna putih ke dinding dan atap yang telah dilapisi tempat telur dan tempat buah. Cat putih ini berfungsi sebagai lapisan cat dasar. Mengingat tekstur tempat telur dan tempat buah sangat rentan, gunakan kuas untuk mengaplikasikanya secara perlahan. Untuk finishing, semprotkan cat warna-warni ke dinding dan plafon, setelah itu biarkan mengering dengan baik.

Selain dengan tempat telur dan buah Anda juga bisa menggunakan glass wool, berikut cara pembuatannnya:
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTNMYlZiNw5kmBj93R6wwPSkxjpFXZorgt1YPbGqhf62ne0v9El7w

- Sediakankan alat dan material: bor, paku, lem, glass wool, kayu reng, gipsum, karpet.

- Buat rangka dinding peredam berupa susunan kayu reng pola kotak-kotak. Besar masing-masing kotak kurang lebih 60 x 60 cm.

- Isi bagian dalam setiap kotak rangka dengan glass wool setebal 2 cm 3cm.

- Tutup rangka dengan papan gipsum. Buat lubang ukuran3 mm pada permukaan dinding gipsum. Letak lubang boleh tidak beraturan.

- Tempelkan karpet di atas seluruh permukaan gipsum menggunakan paku dan lem.

- Lakukan langkah-langkah serupa untuk membuat peredam pada langit-langit kamar. Untuk lantai, pakai karpet tebal atau lantai parket.

Agar ruangan bertambah nyaman meski tanpa ventilasi terbuka, pasanglah pendingin ruangan. Untuk ruangan 3 x 5 meter, cukup mengggunakan air conditioner 1/2 PK. Jangan pasang AC di atas perangkat elektronik.

Setelah selesai, aturlah sistem audio dan video di ruang musik Anda. Selamat mencoba! (berbagai sumber)

Info: Maket

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar