Rabu, 23 April 2014

Yuk, Ajarkan Anak Membaca Buku Cerita


Buku Cerita Anak - Dunia anak penuh dengan permainan dan imajinasi. Di usia lima tahun keatas, mereka sudah mulai gemar membaca buku cerita, lho. Ya, membaca dapat menjadi sebuah kebiasaan baik dan bermanfaat. Selain mengembangkan daya imajinasi si kecil, membaca buku cerita juga dapat membangun kecerdasan emosional anak. Memilih buku cerita yang baik tentu akan memberikan berbagai dampak positif pada perkembangan anak. Biasanya anak yang sudah mulai berpikir kristis, sudah bisa menyeleksi isi sebuah buku yang dibaca menarik atau tidak. Lalu, bagaimana cara untuk memilih buku cerita anak agar bisa meningkatkan minat bacanya?

Memilih buku cerita anak yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Apalagi kini banyak beredar buku cerita anak yang terkadang tidak mengajarkan moral yang baik. Setuju tidak? Cerita dongeng, cerita rakyat, atau cerita legenda dapat menjadi buku anak pilihan. Selain itu cerita-cerita fiksi juga kerap digemari anak-anak yang mulai beranjak ke usia yang lebih matang. Berbagai fantasi yang disuguhkan dalam buku bacaan fiksi tersebut akan dapat dengan cepat diserap dan dipahami anak. Apalagi, buku cerita semacam itu sudah pasti menggunakan bahasa yang sederhana dan akhir cerita yang bisa dimengerti anak-anak.

Banyak faktor yang membuat anak-anak tertarik membaca buku cerita, salah satunya adalah ilustrasi yang menarik. Anak-anak yang belum lancar membaca tentu akan bergantung pada gambar - gambar dalam buku. Intinya sajika isi cerita yang menarik dan enak dibaca, karena bagi sebagian anak membaca mungkin sesuatu yang membosankan. Maka dari itu jangan jemu-jemu untuk mengajak anak membaca buku cerita. Daripada mereka bermain game atau smartphone yang  mengganggu aktivitas, tak ada salahnya kalau anda membelikan buku cerita atau sesekali ajaklah mereka membaca di taman sambil membawa cemilan favorit. Yuk, ajarkan putera-puteri anda membaca Buku Cerita Anak sejak dini!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar