Kamis, 12 Februari 2015

mesin bubut konvensional salah satu solusi mesin bubut murah





mesin bubut konvensional – Siapa yang gak kenal dengan mesin legendaris ini? Ya mesin bubut, sejatinya adalah sebuah mesin kerja perangkat keras yang mempunyai beberapa keunggulan di bidang pemotongan, pengeboran,penyayatan,dll. Nah mesin bubut sendiri terdiri atas beberapa komponen penting di dalamny, seperti :

a. motor penggerak                 j. Eretan dasar
b. Kepala tetap                        k. Chuck
c. Eretan lintang                      l. Batang gigi
d. Wadah tatal                        m. Poros ulir
e. Saklar motor                       n. Poros luncur
f. Kotak kunci                          o. Batang penghubung saklar
g. Kepala lepas                        p. Meja mesin
h. Kaki                                    q. Eretan atas
i. Spindel utama      
               
Kesemua bagian penting di atas saling bekerja satu sama lain sesuai dengan kemampuan dan keterampilan si operator mesin. Meskipun mempunyai banyak bagian penting, tetapi yang namanya mesin bubut konvensional terbatas akan satu fungsi saja, fungsi mesin bubut konvensional sendiri lebih ke arah pemotongan dengan konsep iris melintang, sehingga bisa dibilang hasil akhir dari sebuah mesin bubut konvensional ada potongan yang berpenampang silindris. Jadi bisa dibilang yang namanya mesin bubut konvensional sangat akrab di bidang kerajinan tangan, kayu hingga mebel. Tak hanya untuk pekerjaan ringan saja koq, mesin bubut konvensional masih sanggup untuk menangani beberapa pekerjaan berat untuk pembuatan perkakas dari bahan bes atau baja seperti baut, mur,galangan kapal, industri otomotif dan pesawat terbang serta kereta api.

Harga untuk 1 buah unit mesin bubut konvensional sangatlah bervariasi, ada yang kisaran belasan juta, puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tentunya dengan harga yang cukup tinggi tersebut anda akan spesifikasi sesuai dengan bandrolnya. Yang perlu anda ingat ketika akan membeli sebuah mesin bubut adalah fungsi dan kekuatannya, karena memang bisa dibilang jika tak sesuai fungsi yang anda perlukan maka anda harus membeli mesin lain sebagai pendampingnya.  Namun jika anda mempunyai aneka macam variasi benda kerja yang harus anda garap, maka ada baiknua anda menggunakan mesin bubut Universal saja, fungsi utama hampir sama dengan mesin bubut konvensional tetapi dari segi kemampuan mempunyai tenaga yang lebih dengan variasi jenis pekerjaan yang bisa di sesuaikan / optional, dari segi harga tentu saja mesin bubut universal jauh lebih mahal ketimbang mesin bubut konvensional pada umumnya.

Oke semoga berguna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar