Selasa, 18 Mei 2010

Cara Membuat Merancang Iklan Baris yang Efektif


Iklan baris mungkin sudah dikenal sejak lama. Jenis iklan ini cukup populer mengingat keberadaannya di berbagai media cetak yang sampai saat in masih tetap digemari. Iklan baris online yang memanfaatkan media internet memberikan berbagai keunggulan dibandingkan iklan baris konvensional. Sifatnya yang interaktif, mudah dipasang dan diperbaharui setiap saat, serta dapat menampilkan gambar merupakan sebagian dari berbagai keunggulan tersebut.

Untuk membuat dan memasang iklan baris online bisa dikatakan cukup mudah. Apalagi dengan adanya berbagai media iklan online seperti IklanPromo.com, yang telah menyediakan fasilitas interaktif untuk pemasangan iklan. Namun seberapa efektifkah iklan yang Anda pasang? Apakah judul dan isi iklan yang Anda tulis sudah cukup membuat pembaca tertarik?

Iklan Anda bisa dikatakan berhasil apabila Anda berhasil mendapatkan kontak dari pembacanya. Jika belum, mungkin tips-tips dibawah ini bisa Anda jadikan bahan acuan untuk membuat iklan baris Anda menjadi lebih efektif.

Judul adalah hal pertama yang membuat pembaca tertarik. Buatlah judul iklan dengan kata-kata marketing yang menarik dan terkesan profesional. Hindari penggunaan kata-kata yang bombastis dan menghabiskan banyak space seperti HEBOOOOOH.... GEMPAAR... GRATISSSSS..., dan sebagainya. Sebagai bahan perbandingan, bacalah judul-judul iklan lain pada kategori yang sejenis dengan iklan Anda. Mana yang membuat Anda tertarik, itulah kira-kira judul yang baik.

Isi iklan sebaiknya singkat dan jangan bertele-tele. Fokuskan kalimat pada informasi produk/jasa yang akan dijual. Sebutkan keunggulan-keunggulan dari produk yang dapat membuat pembaca tertarik. Namun jangan pernah memberikan janji-janji muluk, yang pada akhirnya tidak dapat Anda berikan pada konsumen.

Cantumkan kontak lengkap pada iklan yang Anda pasang, seperti nama, alamat, telepon, dan email agar pembaca mudah menghubungi Anda. Beberapa media iklan baris online seperti IklanPromo.com telah menyediakan fasilitas kontak pemasang iklan, yang memungkinkan pembaca langsung melakukan kontak via web. Jadi usahakan agar Anda memeriksa email secara berkala, dan segera memberikan respon apabila ada kontak dari pembaca. Kecepatan Anda merespon sebuah email, mencerminkan keseriusan Anda dalam memasarkan produk/jasa yang bersangkutan. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan dari calon konsumen.

Langkah terakhir adalah memeriksa kembali seluruh bagian iklan sebelum dipasang. Kesalahan dalam penulisan kata-kata ataupun tanda baca, dapat menurunkan kredibilitas dari iklan baris Anda. Buatlah segalanya sempurna sebelum dipublikasi. Akan lebih menarik lagi apabila Anda menyertakan gambar produk yang akan dijual.

Jika Anda memperhatikan hal-hal diatas, iklan baris online dapat menjadi senjata marketing yang sangat ampuh dan ekonomis untuk Anda.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar