Senin, 06 Agustus 2012

Beragam Menu Sate



Sate Ayam – mungkin tak ada yg berbeda dari sate ayam baik rasa bentuknya di daerah satu dgn daerah lainnya, namun ternyata hampir disetiap daerah yg memiliki menu daerah dari sate ayam memiliki cita rasa yg berbeda, bahkan cara pemilihan bahan dan proses pembuatannya pun terbilang berbeda,

Berikut ini beberapa menu masakan sate ayam dari berbagai daerah di Indonesia yg bisa menjadi pilihan kuiiner anda :

Sate ayam cilacap, menu masakan sate ayam yg terkenal tidak memakai gajih (lemak)

Sate ayam Madura, menu masakan ini hampir bisa ditemukan diberbagai daerah di Indonesia, gurihnya bumbu kacang menjadi senjata utamanya.






Sate ayam Ponorogo, Sate Ayam Ponorogo adalah jenis sate yg berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Daging ayamnya sendiri sangat empuk dan bumbunya meresap. Sate Ponorogo berbeda daripada Sate Madura yg populer. Perbedaannya adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate daging ayam dapat disajikan bersama dgn sate usus, kulit, dan telur ayam muda.

Perbedaan berikutnya adalah sate Ponorogo melalui proses perendaman bumbu (di"bacem") agar bumbu meresam ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dgn bumbu kecap dan minyak sayur.

Sate ayam Blora, sate dari daerah Blora berbahan daging dan kulit ayam ini lebih kecil dari sate lainnya. Dimakan dgn bumbu kacang, nasi, dan sup dari santan dan bumbu.

Sate Ambal, sate dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Berbahan daging ayam kampung. Keunikannya adalah bumbunya bukanlah bumbu kacang, melainkan tempe tumbuk yg dicampur cabai dan aneka bumbu lainnya. Daging ayam dibaluri dan direndam bumbu selama dua jam agar rasanya meresap. Sate ini dimakan dgn ketupat.


Info Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar