Sabtu, 21 Januari 2017

Mengakali Limbah Plastik Kemasan Yang Kian Meresahkan

 Mesin press plastik


Plastik merupakan salah satu jenis material yang paling populer di bumi ini. Plastik merupakan material campuran dari beberapa jenis zat yang di olah menjadi material baru dengan keunggulan Fleksibelitas dan Realibitas tinggi. Plastik sendiri sering kali di gunakan untuk beberapa media dan objek produksi suatu barang. Sebut saja barang-barang rumah tangga, barang elektronik, dan barang-barang utilitas untuk beragam kebutuhan kerja. 


Sayangnya di balik keunggulannya yang banyak, material plastik menyimpan masalah yang cukup pelik. Limbah plastik saat ini merupakan salah satu alasan mengapa material ini kerap di sukai namun di benci.

Sebagai hasil dari produk sintetis, sampah plastik tidak mudah dihancurkan secara alami. Butuh waktu yang sangat lama untuk mengurai plastik kembali menjadi unsur alam. Oleh karenanya banyak aktivis lingkungan hidup yang mengultimatum tentang efek buruk limbah plastik yang bisa merusak pelestarian lingkungan.

Namun kini telah di temukan material plastik yang konon bisa memperbaiki “diri”nya sendiri apabila mengalami kerusakan. Dengan penemuan ini di harapkan limbah plastik yang tidak terpakai / rusak bisa berkurang secara signifikan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan. Material plastik tersebut memiliki "sistem syaraf" dari serat optik untuk mendeteksi retakan. Hasil pengujian mendapati kalau kekuatan plastik bisa kembali sebanyak 96 persen.

Metodenya sendiri adalah dengan Menggunakan teknologi sinar Infra merah yang mempunyai power 1 watt, untuk menambal retakan-retakan pada material plastik dalam barang jadi. Ketika ada retakan, plastik di sekitarnya akan memanaskan dirinya sehingga lebih kuat 11 kali. Hasilnya penyebaran retakan bisa dicegah dan kerusakan pada barang-barang plastik bisa diminimalisir. Metode kerja ini sebenarnya hampir mirip dengan teknologi mesin press plastik modern pada umumnya

Sayangnya hingga kini teknologi pemanfaatan sinar infra merah tersebut masih dalam tahap uji coba untuk beberapa barang terbatas. Namun adakah cara efektif bagi kita untuk menanggulangi limbah plastik yang kian hari kian meresahkan? Ada, dan cukup sederhana kok.

Membakar sampah adalah cara sederhana dan paling banyak dilakukan untuk mananggulangi sampah. Menurut gomumu cara ini adalah cara yang paling murah untuk menghancurkan sampah plastik, namun sangat tidak dianjurkan. Why?

Tentu saja efek samping hasil pembakaran merupakan hal yang sangat mengkhatirkan untuk di  pikirikan. Asap yang ditimbulkan dari membakar sampah plastik adalah berbagai macam racun seperti Karbonmonoksida, Klorin, Dioksin, Benzopirena dan lain-lain. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah baru yang di hasilkan oleh hasil bakaran limbah plastik.

Ingin menanggulaingi limbah plastik secara tepat dan benar? Maka mulailah dari hal yang paling sederhana, yakni membuang limbah plastik pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar