Jumat, 27 Agustus 2010

Tips Melakukan Animasi komputer



Teknik animasi komputer telah berkembang pesat dari awalnya berupa animasi tradisional yang menggunakan bahan dasar gambar buatan artis juru gambar (freehand drawing) hingga ke animasi komputer yang keseluruhan prosesnya dikerjakan pada sebuah komputer. Dalam perkembangannya, dikenal sejumlah teknik animasi misalnya stop motion (dengan menggabungkan frame demi frame hasil fotografi terhadap obyek yang sudah dirubah kondisinya per frame tersebut), clay animation (juga menggunakan metode stop motion, tapi dengan obyek sejenis tanah liat yang mudah dibentuk), puppet animation (menggunakan metode stop motion, tapi menggunakan sejenis obyek boneka), cutout animation (menggunakan potongan kertas atau kain).

Seperti halnya teknik stop motion, animasi komputer meliputi sejumlah teknik namun semuanya menggunakan komputer sebagai pembuat gambar.

Pada animasi 2D, gambar obyek dibuat dan/atau di-edit oleh komputer menggunakan program grafis berbasis raster grafis atau vektor grafis. Sejumlah konsep animasi tradisional dipakai disini seperti keyframe, tweening, morphing dan onion skinning. Beberapa contoh program yang memiliki fitur animasi 2D ialah Flash, Director, Corel Rave, Image Ready, Swish, Power Point.

Pada animasi 3D, sebuah obyek dibuat secara digital berupa obyek 3D yang memiliki rumusan geometri matematis tertentu, dan di-animasi dengan menggunakan sejumlah metode, misalnya standar tradisional keyframe animation, simulasi fisika, motion capture, rigging, dll.

Motion Graphic Animation ditujukan untuk jenis animasi komputer yang menggabungkan elemen-elemen grafis 2D, misalnya gambar dan teks. Animasi slide show ialah sebutan yang khusus ditujukan bagi animasi yang menggunakan slide-slide gambar/foto yang di-animasi dengan menggunakan template animasi khusus yang telah ada pada sebuah software yang khusus untuk itu. Animasi teksakan dijelaskan secara khusus mengingat keistimewaannya sebagai elemen grafis penting dan menjadi modul animasi khusus sebuah software grafis terkemuka.Animasi partikel, meskipun juga merupakan modul khusus pada kebanyakan program animasi 3D, namun disini dibahas sebagai animasi instan sebuah program 2D yang khusus menyediakan fitur tersebut. Sedangkan animasi karakter ialah bagian dari animasi 3D yang menggunakan sistem rangka/skeleton untuk menggerakan mesh sebagai “kulit” yang membungkus makhluk hidup seperti manusia dan hewan.

http://www.stevenruntuwene.co.cc
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar