Rabu, 01 Juli 2015

Tips Membuat Adonan Roti Yang Sempurna


Mixer roti – Well secara umum membuat roti merupakan salah satu pekerjaan yang cukup sederhana dan tergolong mudah. Ya roti yang merupakan makanan yang sangat di gemari oleh semua kalangan merupakan jenis makanan yang paling mudah kita buat. Tetapi tahukah anda meskipun bisa dibilang pekerjaan yang mudah ternyata membuat roti yang mengembang dan empuk itu merupakan hal tersulit. Penyebab utama yang membuat roti menjadi keras dan tidak mengembang di sebabkan oleh hal sederhana, adalah tingkah ke kalisan adonan yang menjadikan hasil akhir tidak sempurna, cenderung keras dan bantat.


Untuk membuat adonan kalis sempurna sebenarnya sangat mudah hanya saja kita sering sekali kurang mengetahui apakah adonan tersebut sudah kalis atau belum, berikut adalah tanda adonan roti telah kalis :
  • Adonan tidak lengket lagi di tangan atau di tempat untuk mengadon.
  • Jika diambil dan direntangkan, adonan tidak robek dan berbentuk lembaran tipis yang elastis (seperti kulit martabak telur).
  • Waktu Fermentasi yang kurang juga menjadi faktor mengapa adonan sering sekali terasa kurang sempurna, selain itu tingkat pembakaran roti di dalam oven juga kurang baik. Salah satu faktor yang memicu hal tersebut adalah kurang terjaganya temperatur di dalam oven / pembakaran rendah & kurang merata.
Tips Sederhana membuat Adonan Roti yang Sempurna :
  • Jika ingin roti menjadi lebih lembut dan empuk bisa menggunakan Bread Improver dan Bread Emulsifier. Penggunaan Bread Improver dan Bread emulsifier hanya alternatif saja. Apabila tidak menggunakannya, roti tetap bisa mengembang, tapi hasilnya akan beda tekstur serat dan kekokohannya.
  • Jangan mengaduk bahan cair sekaligus saat membuat adonan di dalam Mixer roti, ada baiknya bahan cair tersebut di masukan secara bertahap dan sedikit demi sedikit. Jika adonan masih lembab maka tak perl menuangkan bahan cair secara keseluruhan
  • Selalu pastikan adonan sudah benar-benar kalis baru memulai tahap rounding. Saat membagi dan menimbang, adonan jangan ditarik, cukup gunakan pisau atau scrapper untuk membaginya, supaya serat roti terlihat bagus.
Gunakan Proofer untuk menyimpan adonan roti, hal ini dapat membuat adonan jauh lebih tahan lama dan menghindarkan resiko dari hasil yang bantat. Suhu sangat berpengaruh dalam proses proofing karena yang dibutuhkan adonan untuk mengembang di tahap akhir ini adalah suhu yang lembab dan hangat.
Oke semoga berguna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar