Senin, 24 Juni 2013

Modifikasi Pelepah Pisang Menjadi Alat Peredam Suara

Pernahkah anda masuk ke dalam studio musik atau studio rekaman?bagaimana rasanya?? Pastinya senyap dan panas..hahahha..tetapi bukan itu yang akan jadi inti pertanyaan..Pasti yang namanya studio music/rekaman telah di buat dan di rancang khusus sebagai ruangan kedap suara, hal ini di maksudkan agar suara yang di hasilkan dari alat musik dan speaker bisa teredam cukup baik sehingga tidak membuat ruangan di sekelilingnya menjadi bising karenanya. Well itulah konsep dari ruangan kedap suara, jadi apabila anda memasuki ruangan studio music, jangan aneh bila suara yang anda keluarkan akan terdengar cukup kecil dan sayup, karena semua itu ulah dari alat peredam suara yang telah di tempel sedemikian rupa pada dinding ruangan.


Merancang ruang kedap suara sendiri memang bukanlah suatu perkara yang gampang dan murah, terlebih lagi jika anda ingin mengaplikasikannya di rumah anda sendiri, tentunya hal tersebut akan cukup menguras isi kantong anda, dan terlebih lagi yang namanya ruangan kedap suara membutuhkan sedikit spesifikasi ruang yang cukup mumpuni. Tetapi tahukah anda? Bahwa pelepah pisang yang biasa kita lihat di pinggir pinggir jalan kampung merupakan salah satu alat peredam suara sederhana yang mempunyai kemampuan menyerap suara bising di sekitar menjadi senyap?

Walaupun pelepah pisang dapat meredam suara, tetapi tak sembarang suara yang dapat di serap oleh pohon buah yang satu ini,,tentunya ada syarat tertentu yakni Suara frekuensi rendah 125 hertz bisa meredam hingga 51 persen, tetapi pada frekuensi 160 hertz tidak sampai meredam 21 persen. Pada frekuensi tinggi, 2.000 hertz, bisa meredam sampai 55 persen, tapi pada 1.600 hertz hanya 40 persen. Wah cukup lumayan bukan?hehehhe…lantas tertarik kah anda untuk mencoba mengaplikasikan pelepah pisang ini menjadi alat peredam suara di rumah anda?? Semoga berguna



Info terkait – alat peredam suara sederhana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar