Jumat, 13 Agustus 2010

Manfaat Pameran Seni Rupa Di Lingkungan Sekolah



Aktivitas seni tidak hanya terbatas pada proses penciptaan karya seni, tetapi bisa merembet ke aktivitas seni lainnya, dan salah satu dari aktivitas lain itu adalah melakukan kegiatan pameran seni rupa.

Rekan sekalian, berikut ini sedikit uraian mengenai pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah

1. Kegunaan Pameran Seni Rupa di Kelas atau di Sekolah

Pameran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam bidang kesenirupaan, karena kegiatan pameran baik sekali kegunaannya baik bagi siswa, seniman, pengamat seni rupa, maupun bagi perkembangan seni rupa pada umumnya.

Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum untuk dilihat, dinilai, dikagumi, atau dikritik.

2. Jenis-Jenis Pameran

Pameran karya seni rupa berdasarkan pada ragam jenis karya yang ditampilkan, dibedakan menjadi dua, yaitu pameran homogen dan pameran heterogen. Pameran homogen, artinya pameran yang hanya menampilkan satu karya seni rupa saja, misalnya pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik dan lain sebagainya.

Pameran heterogen, artinya pameran yang sekaligus menampilkan berbagai jenis karya seni rupa, misalnya pameran seni kriya, pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik dan karya seni rupa lainnya dilakukan dalam satu ruang pameran dan dilakukan dalam waktu bersamaan.

Pameran seni rupa yang diselenggarakan dalam kaitannya dengan pendidikan seni rupa di sekolah, biasanya merupakan pameran heterogen, karena menampilkan jenis karya seni rupa yang beragam mulai dari lukisan, patung, ukiran, keramik, karya kerajinan, dan karya seni rupa lainnya.

Pameran berdasarkan pada jumlah seniman yang tampil, pameran dapat dibedakan ke dalam :

a.Pameran perorangan atau pameran tunggal

b.Pameran kelompok, baik kelompok seniman dalam satu sanggar atau satu almamater, kelompok seniman dalam satu aliran dan kelompok lainnya.

3. Manfaat pameran seni rupa di lingkungan sekolah

a)      Meningkatkan kemampuan berkarya
b)      Dapat melakukan penilaian / evaluasi
c)      Sebagai sarana apresiasi dan hiburan
d)      Melatih siswa untuk bermasyarakat

4. Syarat-syarat Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa di
Kelas atau di Sekolah

Untuk dapat menyelenggarakan pameran karya seni rupa di lingkungan sekolah, ada beberapa hal yang harus dikerjakan, yaitu :

a. Mengumpulkan karya yang akan dipamerkan
b. Membentuk kepanitiaan pameran
c. Menyusun proposal pameran
d. Menyiapkan publikasi dan dokumentasi pameran
e. Menyiapkan ruang atau tempat dan perlengkapan pameran
f. Menata karya-karya yang akan dipamerkan
Bagaimana rekan sekalian….

http://www.ruangkelassuyono.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

1 komentar: