Selasa, 13 September 2011

Trik Perawatan Taman Tropis Di Rumah



Menata taman tropis memang terlihat mudah tetapi tetap membutuhkan kecermatan sehingga taman rumah tidak terlihat terlalu rimbun. Meskipun taman tropis mengutamakan kesan yang liar dan berantakan, namun bukan berarti Anda tidak perlu melakukan perawatan. Tidak sulit kok membuat taman tropis tampak indah dan terawat. Berikut tips merawat taman tropis, lihat yuk!!!






    Pemangkasan
Tujuannya untuk menjaga bentuk taman seperti ide awal desain. Lakukan pemangkasan pada tanaman berkayudan penjarangan untuk tanaman yang beranak setiap 1 bulan sekali.

    Pemupukan
Gunakan pupuk lambat urai, dosis dan frekuensi pemakaian sesuaikan dengan yang tertera pada kemasan. Pada tanaman yang lambat tumbuh atau perlu dirangsang agar berbunga, berikan pupuk tambahan, seperti Growmore dan Hyponex. Cara aplikasi dengan disemprot. Bila disiram gunakan setengah dosis anjuran.

    Penggemburan tanah
Ini perlu dilakukan karena tanah makin lama makin keras akibat pemupukan. Caranya cungkil ringan tanah seperti saat membajak sawah, lalu isi dengan campuran pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Ketebalan sekitar 2 cm. Lakukan 3 bulan sekali atau paling lambat 1 tahun sekali.

    Pengendalian HPT
Hama yang paling banyak menyerang ialah ulat, kutu, bekicot, dan nematoda. Penyakit terutama cendawan dan busuk fusarium. Bila tingkat serangan rendah, atasi dengan cara mekanis-dibuang satu per satu. Serangan parah, gunakan pestisida, seperti Curacron, Decis, dan Metaphar. Untuk pencegahan taburkan Furadan.
Taman tetap terawat dan tetap simple bukan?



Info terkait - taman rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar