NIX 2009 bukan cuma sukses menorehkan rekor di MURI. Ajang pameran yang digelar di Jakarta 11 Juni – 12 Juli itu juga menuai sukses besar dalam hal pendapatan. Target yang Rp 50 miliar pun terlampaui nyaris dua kali lipat. Begitu menurut Gomulia Oscar (Wakil Sekjen, APKOMINDO) yang dalam e-mail-nya menulis, sampai hari penutupan pendapatan NIX diperkirakan nyaris mencapai Rp 100 miliar.
Faktor utama penyebab kesuksesan ini, tulis Oscar, akibat digarapnya pasar baru pameran yang selama ini tidak terlalu menjadi target pasar produk TI. “NIX ’09 banyak menarik pemakai baru TI, baik (yang ber) usia sekolah maupun profesional, juga pemakai rumahan,” jelas Oscar.
Sedangkan produk yang paling laris-manis, seperti bisa ditebak, adalah notebooks dan netbook. Oscar memperkirakan, notebook mengambil porsi 70% dari total pendapatan. Saat pameran dan juga dalam promosinya, NIX 2009 di Jakarta mememang memamerkan banyak merek notebook dari produsen regional maupun lokal, yakni Acer, Advan, A-Note, Axioo, BenQ, Byon, HP, dan Zyrex.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar