Selasa, 27 April 2010

Tips Membuat Perencanaan bisnis

Kalau kita berbicara tentang bisnis, tentu yang paling penting adalah kesuksesan dalam bisniskita. Berbagai cara asalkan halal akan dilakukan untuk membuat bisnis menjadi besar di kemudian hari. Seringkali banyak orang lupa untuk membuat perencanaan bisnis saat memulai ataupun saya bisnis sedang berjalan.
Banyak orang menganggap kalau membuat perencanaan bisnis bukanlah hal yang penting dan harus dilakukan. Padahal perencanaan bisnis adalah penting sekali untuk kemajuan bisnis. Anda akan lebih mudah tau pencapaian dari target anda dana dimana posisi bisnis anda sekarang.
Membuat perencanaan bisnis tidak harus kompleks dan terlalu teoritis. Anda tidak perlu membuat persis sama dengan bisnis plan yang mahasiswa ekonomi s1 pelajari. Minimal buat saja target-target dari usaha anda, mulai dari target jangka pendek sampai jangka panjang. Yang penting anda tau apa yang anda mau dari usaha anda, dan jangan sampai seakan-akan usaha anda hanya berjalan di tempat tanpa ada kemajuan.
Jangan sampai anda tidak membuat perencanaan bisnis sekarang juga, di zaman keterbukaan seperti sekarang, akan banyak perusahaan asing yang masuk dan menggempur pasar Indonesia. Anda harus menyiapkan rencana untuk menghadapi perdagangan bebas, inflasi, serangan penjualan online. Mulai rencanakan kesuksesan anda. Jika anda merasa memerlukan bantuan untuk membuat perencanaan bisnis

­http://tukangbisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar