Rabu, 19 September 2012

Proses Pembuatan Kerajinan Keramik






Kerajinan keramik – keramik merupakan kerajinan tangan yg memerlukan teknik, kreasi dan imajenasi  dalam pembuatannya, oleh karena itu tak jarang tuk beberapa kerajinan keramik mempunyai harga yg sangat tinggi, terlebih keramik yg telah berusia ratusan tahun

Cara membuat kerajinan keramik diperlukan beberapa tahapan, dgn proses yg dibutuhkan kesabaran, karena dalam setiap tahapan sangat rentan akan kegagalan.

Berikut ini kami hadirkan beberpa proses dan tahapan cara membuat kerajinan keramik yg kami kutip dari studiokeramik.org [studiokeramik.org/2007/10/membuat-keramik.html].



Tahap pertama pemilihan & Pengolahan bahan
Cara membuat kerajinan keramik dimulai dari pemilihan dan pengolahan bahan, Pengolahan bahan dapat dilakukan dgn metode basah maupun kering, dgn cara manual ataupun masinal. Didalam pengolahan bahan ini ada proses-proses tertentu yg harus dilakukan antara lain pengurangan ukuran butir, penyaringan, pencampuran, pengadukan (mixing), dan pengurangan kadar air.



Cara membuat kerajinan keramik kedua adalah proses Pembentukan, Tahap pembentukan adalah tahap mengubah bongkahan badan tanah liat plastis menjadi benda-benda yg dikehendaki. Ada tiga keteknikan utama dalam membentuk benda keramik: pembentukan tangan langsung (handbuilding), teknik putar (throwing), dan teknik cetak (casting).



Cara membuat kerajinan keramik ketiga adalah tahapan Pengeringan, Setelah benda keramik selesai dibentuk, maka tahap selanjutnya adalah pengeringan. Tujuan utama dari tahap ini adalah tuk menghilangkan air plastis yg terikat pada badan keramik.

Tuk menghindari pengeringan yg terlalu cepat, pada tahap awal benda keramik diangin-anginkan pada suhu kamar. Setelah tidak terjadi penyusutan, pengeringan dgn sinar matahari langsung atau mesin pengering dapat dilakukan.


Cara membuat kerajinan keramik keempat adalah  tahapan Pembakaran, Pembakaran merupakan inti dari pembuatan keramik dimana proses ini mengubah massa yg rapuh menjadi massa yg padat, keras, dan kuat. Selama pembakaran, badan keramik mengalami beberapa reaksi-reaksi penting, hilang/muncul fase-fase mineral, dan hilang berat (weight loss). Secara umum tahap-tahap pembakaran maupun kondisi api furnace dapat dirinci dalam tabel.

Cara membuat kerajinan keramik kelima adalah tahapan Pengglasiran, Pengglasiran merupakan tahap yg dilakukan sebelum dilakukan pembakaran glasir.. Fungsi glasir pada produk keramik adalah tuk menambah keindahan, supaya lebih kedap air, dan menambahkan efek-efek tertentu sesuai keinginan.

Banyaknya tahapan dalam cara membuat kerajinan keramik memang diperlukan kesabaran dan keuletan, namun jika kerajinan keramik telah berhasil dibuat, ada kepuasan tersendiri.




Info Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar