Rabu, 18 Juli 2012

Menilai Kualias Dari Permata Zamrud






Batu Permata – Batu permata sejak zaman dahulu menjadi sebuah barang berharga, tak hanya bernilai mahal batu permata juga terkedang dipercaya sebagai penyembuh bahkan tuk penolak bala, terlepas dari itu semua batu permata memiliki harga yg tinggi karena keindahan yg  dikeluarkan, dan tuk batu permata sendiri terdapat beragam jenis, antara lain : Batu permata zamrud atau emerald, Batu safir atau blue sapphire, Batu ruby atau merah delima, Berlian / intan atau (diamond), Batu safir kuning atau yellow sapphire, dll

Tuk warna ideal dari sebuah batu permata zamrud adalah hijau daun, pada umumnya batu permata zamrud mempunyai retak-retak halus seperti serabut-serabut. Namun pada semua permata, cacat diperlukan tuk identifikasi apakah terbentuk secara alamiah (natural) atau sintetik (hasil buatan laboratorium), berikut ini beberapa penilaian dasar mengenal kualitas batu permata zamrud

  • Masalah Warna : tuk menentukan kualitas Batu zamrud ialah warnanya. Warna terbaik tuk batu permata zamrud adalah intens hijau terang yg tidak terlalu gelap dan tidak terlalu pucat.
  • Tuk Ukuran (size): Semakin besar zamrud, semakin berharga. batu permata zamrud Sangat kecil dapat dibeli cukup terjangkau, karena ada material kurang, dan juga karena batu permata zamrud kecil kurang langka dari batu permata zamrud besar.
  • Jenis Pemotongan (cutting): Harga dan nilai sebuah zamrud juga ditentukan oleh kualitas potong tersebut. Akan baik dipotong batu permata zamrud dan mencerminkan jumlah maksimum cahaya.
  • Kejelasan (clarity): Hampir semua batu permata zamrud alam memiliki jumlah keadaan mendung atau kelemahan internal, yg disebut inklusi. Hal ini dapat diterima tuk zamrud memiliki kurang sempurna kejelasan dan nilai batu permata zamrud itu tidak lebih rendah. Namun, ada perbedaan yg signifikan dalam zamrud yg memiliki banyak disertakan, atau sangat berawan sehingga mereka kehilangan transparansi mereka.
  • Perawatan batu permata zamrud, Sintetis dan imitasi (Treatments, Synthetics and Imitations): Hampir semua batu permata zamrud melalui beberapa jenis perawatan sebelum mereka dibuat menjadi perhiasan. Beberapa pengolahaan ini diterima dan ada yg dianggap curang. Juga karena nilai yg tinggi, batu permata zamrud biasanya disintesis di laboratorium. Dan kadang-kadang, seorang penjual tidak jujur, mungkin mencoba tuk menjual batu permata lain sebagai zamrud.


Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar