Rabu, 11 April 2012

4 Hal Yang harus diperhatikan Dalam Memilih Mainan Anak






Rental Mainan – Semakin membanjirnya mainan anak terutama yang berasal dari cina yang beredar  di pasaran yang menggunakan bahan-bahan kima berbahaya seperti merkuri, timbale, Kadmium dan Kromium. Terlebih lagi harga yang mereka tawarkan cenderung murah dan banyak variannya semakin membuat kita kesulitan memilih dan menentukan mainan anak mana yang aman dan juga mengandung nilai edukasi.

Untuk mengatasi dan menyaring mainan anak yang aman yang bisa kita beli sebenarnya ada beberapa  tips sederhana yang bisa kita lakukan diantaranya:

Perhatikan label yang teliti, Masih banyak dari para konsumen khususnya  para orang tua yang hendak membelikan mainan anak kurang peduli pada aspek label dan keterngan yang tertera pada mainan anak tersebut. Untuk mainan anak yang aman biasanya mencantumkan bagaimana cara menggunakannya dan untuk usia berapa.

Jangan tertipu masalah harga. Mahal bukan jaminan keamanan, sebaliknya harga murah pun belum tentu tidak aman, lalu bagaimana memilih mainan yang aman itu ? kembali kita harus melihat bahan baku yang digunakan dalam mainan tersebut

Pilihlah mainan sesuai umur. Untuk edukasi sang anak sebaiknya membeli mainan yang disesuaikan dengan umur sang anak, pemilihan mainan anak  sesuai usia juga dimaksudkan agar anak tidak sembarangan memasukkan mainan tersebut ke dalam mulut mereka. Sehingga, apabila zat berbahaya itu masuk ke dalam tubuh dan berakumulasi akan membahayakan kesehatan ana.

Perhatikan bentuk mainan anak. Beberapa mainan anak yang memiliki nilai edukasi pada  umumnya berbahan dasar kayu seperti sempoa. Sehingga penting untuk melihat dan memeriksa kondisi permukaan mainan, apakah aman atau tidak bagi anak. Karena serpihan mainan berbahan kayu yang tidak mulus misallnya bisa masuk ke tangan anak-anak atau bahkan ikut termakan.



Info Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar