Rabu, 11 April 2012

Memilih Helm yang Aman di Musim hujan

Musim hujan memang menjadi masalah bagi para pengendara motor, karena selain jalanan menjadi licin, jarak pandang pun menjadi terbatas. Sehingga para bikers harus eskstra hati-hati dalam mengendarai motornya, salah antisipasi malah bisa berakibat kecelakaan.

Musim hujan harus disiasati dengan tepat dan bijak, yaitu dengan cara menerapkan tekni mengendara yang benar dan juga mempersipakan perlengkapan yang tepat, salah satunya adalah helm motor.


http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2010/03/10/3DB9B340-A452-4EDE-B297-B49367D2816D.jpg


Helm merupakan perangkat yang penting dalam berkendara apalagi dalam keadaan hujan. Ada beberap tips menggunakan helm yang tepat pada saat hujan:

- Gunakanlah helm yang memiliki kaca helm yang terang dan tidak buram. Kaca helm pun tidak menimbulkan bias pandangan agar tidak terjadi kecelakaan. Kaca helm SNI biasanya sudah memiliki standar yang bagus dari pabrik.

- Mencegah terjadinya kaca helm berembun. Hal ini bisa saja terjadi pada saat Anda mengendarai motor, penyebabnya adalah adanya perbedaan udara diluar dan didalam sehingga terjadi embun yang menghalangi pandangan Anda. Kejadian ini bisa membahyakan Anda ataupun orang lain. Saat sudah banyak kaca helm yang memiliki lapisan anti embun.

- Helm harus bagus kualitas dan bahannya sesuai dengan standar. Helm adalah pelindung utama dari kepala kita apabila terjadi kecelakaan. Ini harus kita sadari betul, karena banyak orang yang memakai helm hanya untuk memenuhi peraturan lalu lintas saja. Pilihlah Helm SNI yang sesuai dengan warna dan kesukaan Anda.

- Ukuran helm motor harus pas dan sesuai dengan ukuran kepala Anda. Jangan menggunakan helm terlalu ketat atau pun longgar.

Semoga tips singkat ini bermanfaat untuk Anda.(wk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar