Selasa, 10 April 2012

Budidaya Lebah Madu






Madu Herbal – Madu mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh tak hanya sebatas itu kini madu pun seringkali dijadikan bahan untuk mempercantik dan menjaga keindahan kulit khusunya wanita, dengan besarnya kebutuhan akan madu menjadi madu sebagai bisnis yang berprospek cerah maka tak heran kini budidaya tawon penghasil madu pun sudah banyak terdapat hampir di seluruh Indonesia.

Cara membuat madu herbal dimulai dari budiya lebah penghasil madu itu sendiri, ada beberapa lebah yang bisa budidaya Di antaranya lebah dari jenis lebah hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), dan lebah unggul (Apis mellifera).

Cara membuat madu herbal menjadi layak diminum setidaknya harus melalui 4 proses yaitu:

1. para lebah perkerja mengumpulkan nektar dari tanaman.

2. lalu lebah tersebut mengubahnya menjadi gula invert yg terjadi ketika ada kontak antara nektar dan cairan saliva lebah pada saat lebah menghisap nektar dgn belalainya. Cairan saliva lebah mengandung enzim-enzim hidrolase sehingga pada tahap ini terjadi pemecahan gula.

3. kemudian mengurangi jumlah kandungan air.

4. mematangkan madu di dalam sarang lebah.


Metode lebah menghasilkan madu sangatlah luar biasa. Langkah awal sang lebah rumah menghabiskan nektar dgn cara mengunyahnya sekitar setengah jam. Kemudian Enzim perlahan - lahan mengurai nektar menjadi gula sederhana. Setelah itu lebah meneteskan nektar ke seluruh sarang nya.

Lebah madu mengeringkan nektar dgn metode mengipasinya dgn sayap mereka hingga air dalam nektar cepat menguap. Jika kadar kekentalan nektar sudah sampai, maka berubahlah nektar menjadi madu. Lebah lalu meletakan tutup lilin di atas sel sarangnya - mirip seperti menyegel minuman.

Madu yg telah disimpan ini yg akan dimakan oleh lebah madu. Dalam setahun satu koloni lebah madu bisa menghabiskan 55 sampai 100 kg madu.
kuantitas madu yg diperolah dari lebah tergantung dari jenis lebah, jenis bunga, keadaan bunga, musim dan iklim. Tuk menghasilkan satu kilogram madu, lebah harus mengunjungi empat juta kuntum bunga. Tuk menghasilkan satu kilogram madu, lebah harus menempuh penerbangan 90 ribu hingga 180 ribu kali mengunjungi bunga.





Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar