Rabu, 18 April 2012

5 Katagori Sistem Pencahayaan Dalam Gedung




Rental Sound System – System pencayahan pada sebuah ruangan menjadi bagian penting dalam sebuah bangunan, dengan  lighting system in building yang tepat kita tak hanya mendapatkan pencahayaan yang optimal namun juga dapat mencegah akan pemanasan global, untuk mendapatkan pencayahaan yang optimal kita membutuhkan lighting system in building yang tepat.
lighting system in building pada dasarnya dikatagorikan menjadi lima jenis:

Lighting system in building secara langsung (direct lighting)
Pada metode Lighting system in building ini 90% lebih cahaya sengaja diarahkan langsung kepada sang objek. Dalam pengaturan cahaya metode ini dinilai paling efektif. Namun terdapat kelemahan yaitu penyinaran langsung maupun karena pantulan cahaya seringkali kita merasa silau. Agar mendapat hasil yg maksimal, dianjurkan tuk  langi-langit, dinding serta benda yg ada didalam ruangan perlu diberi warna cerah agar tampak menyegarkan

Lighting system in building Semi Langsung (semi direct lighting)
Tuk system Lighting system in building sekitar  60-90% cahaya ditujukan langsung pada objek yg perlu diterangi, namun sisanya dipantulkan ke langit-langit dan dinding. Dgn system Lighting system in building ini kelemahan sistem pencahayaan langsung dapat dikurangi. Diketahui bahwa langit-langit dan dinding yg diplester putih memiliki effiesiean pemantulan 90%, sebaliknya jika dicat putih effisien pemantulan antara 5-90%

Lighting system in building Difus (general diffus lighting)
Tuk sistem Lighting system in building  ini setengah cahaya 40-60% ditujkan kepada benda yg perlu disinari, dan sisanya dipantulka ke langit-langit dan dindng. Dalam pencahayaan Lighting system in building  ini termasuk sistem direct-indirect yakni memancarkan setengah cahaya ke bawah dan sisanya keatas. Pada sistem ini masalah baygan dan kesilauan masih ditemui.

Lighting system in building Semi Tidak Langsung (semi indirect lighting)
Tuk  sistem Lighting system in building  ini 60-90% cahaya diarahkan ke langit-langit dan dinding bagian atas, sedangkan sisanya diarahkan ke bagian bawah. Agar  mendapat  hasil yg maksimal dianjurkan langit-langit perlu diberikan perhatian serta dirawat dgn baik. Pada system Lighting system in building  ini masalah baygan praktis tidak ada serta kesilauan dapat dikurangi.

Lighting system in building Tidak Langsung (indirect lighting)
Tuk system Lighting system in building ini 90-100% pencahayaan ditujukan  ke langit-langit dan dinding bagian atas kemudian dipantulkan tuk menerangi seluruh ruangan. Dimaksudkan agar semua area p ada langit-langit dapat menjadi sumber cahaya, perlu diberikan perhatian dan pemeliharaan yg baik. Nilai lebih pada Lighting system in building ini adalah tidak menimbulkan baygan dan kesilauan sedangkan kerugiannya mengurangi effisien cahaya total yg jatuh pada permukaan kerja.

Info Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar