Kamis, 21 April 2011

Modal Dalam Berbisnis





Pinjaman Dana – Dalam Mengembangkan bisnis bisa dgn seribu cara. Urusan modal tentu soal nomor satu yg harus dipersiapkan. Meminjam di institusi keuangan bisa jadi pilihan, namun apakah bisa menjalankan bisnis tanpa pinjaman?

Yusa Aziz, CEO iCOACH, mengatakan, Anda bisa mengembangkan bisnis tanpa pinjaman dana. Namun, tegasnya, pastikan arus kas Anda dalam posisi aman, stabil, dan baik.

Kadang yg menjadi ukuran keberhasilan pebisnis adalah berapa besar profit yg dihasilkan bisnisnya. Padahal yg penting ketika melihat neraca keuangan Anda, cashflow bisnis Anda bagus," papar Yusa dalam seminar bisnis beberapa waktu lalu.

Jika Anda mendapati kas kosong pada neraca keuangan, ini pertanda bisnis tak berjalan baik. Perbaiki lebih dulu arus keuangan sebelum memutuskan mengembangkan usaha, apalagi dgn pinjaman dana uang di bank, misalnya. Karena dgn memaksakan diri mencari pinjaman dana, beban bunga akan membuat keuangan perusahaan menjadi lebih memburuk.

Padahal menurut Yusa, banyak cara mendapatkan dana untuk mengembangkan bisnis Anda, terutama kaitannya dgn modal usaha.

Yusa mencontohkan, pebisnis bisa mencari angel investor atau rekanan. Sebuah asosiasi, yayasan, atau lembaga keuangan non bank yg memiliki idle fund bisa menjadi sumber modal pebisnis. Diperlukan kredibilitas yg tinggi untuk mendapatkan modal ini. Artinya, buktikan bahwa bisnis Anda berhak mendapatkan pinjaman dana untuk mengembangkan bisnis. Philantropist atau dermawan bisa menjadi pilihan angel investor lain. Jika ide bisnis Anda cemerlang, dgn mengajukan proposal yg kuat, Anda bisa menarik perhatian para dermawan ini untuk memberikan pinjaman lunak. Tentu saja, tunjukkan lebih dulu kredibilitas Anda sebagai pebisnis.

Modal dalam bisnis tak sekadar uang, namun juga ide, waktu, dan kebebasan. Jika Anda memiliki kelebihan dalam hal ide, waktu dan kebebasan dalam menjalankan sebuah bisnis, sedangkan tak punya cukup uang, maka pergaulan sosial yg luas bisa membantu Anda mewujudkan bisnis. Dgn cara ini, bisnis bisa berjalan tanpa mengandalkan pinjaman dana berbunga.


Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Pinjaman Dana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar