Senin, 18 April 2011

Peralatan Agar Tidur Bayi Nyenyak


Bantal Selimut - Perlengkapan tidur tetap dibutuhkan agar seorang bayi dapat tidur dgn aman dan nyaman. Prinsip pemilihan tempat tidur dan bantal selimut yg utama adalah kenyamanan dan keamanan. Ini beberapa perlengkapan yg harus Anda miliki.

Sleeping Bag
Pilih yg sesuai dgn usia dan berat bayi (biasanya tercantum pada label). Tidak kalah penting, perhatikan ketebalan kainnya, pilih kain mirip sleeping bag yg tebal bila kamar bayi Anda dilengkapi dgn AC atau penyejuk ruangan dan sebaliknya kain yg tipis akan sesuai bila kamar bayi tidak dilengkapi dgn AC agar si kecil tidak merasa kepanasan saat tidur.

Selimut
Hindari bantal selimut dgn bahan campuran katun dan wol karena terlalu panas. Selimut berbahan katun akan lebih nyaman bagi bayi. Selimut yg berongga pun disarankansebagai antisipasi bila wajah bayi tertutup selimut maka sirkulasi udara pun tetap terjaga.

Bantal
Sebenarnya bayi belum perlu bantal, tapi bila ingin memberikannya bantal pilih bantal yg tipis dan terbuat dari bahan yg tidak membuat alergi. Hindari penggunaan bantal kapuk utk menghindari alergi.

Sprei
Pilihlah sprei yg menggunakan karet di tiap ujungnya utk menghindari terlepasnya sprei dari kasur, mengingat bayi banyak bergerak. Sprei berbahan katun amat disarankan karena tidak panas sehingga lebih nyaman bagi bayi.

Bumper
Bumper merupakan bantalan tipis utk pelindung yg dipasang di sekeliling pembatas boks. Bumper berfungsi utk melindungi bayi bila sudah mulai beraktifitas agar tak terbentur pinggiran tempat tidur. Bumper yg baik sedikitnya memiliki ketebalan 3-4 cm dgn ketinggian 25-35 cm.


Sumber: wolipop.com

Temukan Info Lain Seputar Bantal Selimut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar