Senin, 25 April 2011

Perbedaan Headhunter dan Outsourcing ??





Jasa Konsultan - Dalam bidang rekrutmen, dikenal dua istilah. Ada headhunter, ada pula outsourcing. Apa bedanya, dan apa gunanya untuk para pencari kerja?

Headhunter merupakan sebuah jasa konsultan yg dipercaya para perusahaan untuk mencari top professional atau senior executive dgn keahlian spesifik dan khusus untuk menempati posisi tertentu di sebuah perusahaan. Tugasnya mencari kandidat terbaik untuk posisi tertentu sesuai dgn kebutuhan perusahaan klien, terutama untuk level atas, seperti manajer, CEO, dan sebagainya. Sebelum memulai pencarian, ia akan mencari informasi tentang kualifikasi kandidat dari perusahaan klien. Biasanya berupa keahlian, pengalaman kerja, dan sebagainya.

Selain istilah headhunter, dalam dunia kerja juga dikenal istilah outsourcing. Meskipun keduanya sama-sama bergerak di bidang rekrutmen, pada outsourcing biasanya kandidat terdaftar sebagai pegawai di perusahaan outsourcing dan dibayar oleh perusahaan outsourcing. Namun, kemudian dipekerjakan di perusahaan lain yg menjadi klien perusahaan outsourcing tersebut.

Sedang kan headhunter menerima order dari perusahaan klien untuk mencarikan kandidat yg tepat untuk menempati satu posisi di perusahaan klien. Ketika headhunter telah berhasil merekrut kandidat untuk mengisis posisi di perusahaan klien, heandhunter tidak akan menagihkan pembayaran apa pun atau mengirimkan invoice kepada kandidat. Headhunter hanya akan menagihkan pembayaran apa pun atau megirimkan invoice kepada kandidat. Headhunter hanya akan menagihkan pembayaran kepada pihak klien sesuai dgn jumlah yg telah disepakati di awal negosiasi dan dituliskan ke dalam terms of business yg ditandatangani bersama.

Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Jasa Konsultan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar