Jumat, 29 April 2011

Prinsip Dan Strategi Marketing





Jasa Marketing - Dalam dunia bisnis pun kini dikenal yg namanya sustainable marketing. Maksudnya di sini perusahaan sepatutnya melakukan kegiatan bisnis dgn memperhatikan lingkungan baik saat produksi, bahkan pemasarannya.

Dgn menerapkan prinsip pemasaran berkelanjutan pada hakekatnya, perusahaan tetap dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dan pemangku kepentingan, sasaran organisasi juga dapat dicapai.

Lalu apa keuntungan jangka pendeknya bagi perusahaan? Prinsip ini dapat menjadi pembeda (diferensiasi) merek atau perusahaan dgn pesaing, dapat mendidik pasar, mendorong timbulnya inovasi dan kreativitas, mengidentifikasi peluang baru di pasar dan banyak lagi.

Oleh karena itu sebagai seorang Marketer atau jasa marketing dituntut untuk dapat menganalisa, mengaudit pasar dgn jeli agar dapat menarik konsumen. Tiap-tiap perusahaan memiliki strateginya masing-masing, dan pada umumnya memiliki 4 prinsip berikut :

Produk
Tujuan lingkungan yg ingin dicapai dalam merencanakan produk adalah untuk mengurangi penggunaan bahan baku dan polusi yg dihasilkan serta untuk menjaga konservasi sumber daya yg langka.

Harga
Penetapan harga merupakan hal yg penting dan sensitif dalam pemasaran. Kebanyakan konsumen hanya mau membayar lebih jika mendapatkan keuntungan extra. Keuntungan disini bisa saja dgn penampilan yg menarik, keunggulan fungsi, desain, atau rasa. Keuntungan-keuntungan yg diinginkan konsumen tersebut sudah harus disiapkan sebelumnya ketika ingin menaikkan harga barang.

Promosi
Ciptakan promosi yg ramah lingkungan dan tepat sasaran :

·         Iklan yg menggambarkan hubungan antara produk yg di pasarkan dgn lingkungan atau sumber daya yg ingin diselamatkan secara sesuai.
·         Mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan (Green Lifestyle) dan menempatkan produk tersebut di dalamnya.
·         Sampaikan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Waktu dan Tempat
Memilih kapan dan dimana produk diluncurkan memiliki pengaruh yg sangat besar terhadap konsumen. Beberapa konsumen bahkan rela mengeluarkan uang lebih jika kita tepat memilih isu yg ada.


Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Jasa Marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar