Senin, 28 Mei 2012

Menekuni Bisnis Jasa Cleaning Service




Alat Cleaning Service – Memiliki hunian yg nyaman dan bersih tentunya dambaan setiap orang, namun seringkali terkendal oleh kesibukan sang pemilik rumah, sehingga banyak dari para pemilik rumah memperkejakan pembantu, namun tak jarang pula yg memakai jasa cleaning service tuk mengatasi masalah kebersihan rumahnya.

Tuk Negara-negara di Eropa maupun Amerika memakai jasa cleaning servise menjadi hal biasa, namun tidak di Indonesia tuk jasa cleaning service ini terbilang baru sehingga sangat minim akan competitor. Tuk memulai usaha ini terbilang mudah dan dgn modal yg minim.

Salah satu pelaku usaha ini ialah PT Gita Kartika Buana (Kirby Cleaning Service) di Jakarta. Sang  pemilik, Heru Santoso, memulai bisnis ini di tahun 1997. Kini omzetnya Rp 90 juta per bulan. Dari jumlah itu, sekitar 60% atau Rp 54 juta per bulan berasal dari pelanggan rumah tangga dan selebihnya dari korporat. “Laba sekitar 50%,”
Tuk modal awal, dana yg keluar banyak diserap dari pembilaan alat cleaning service / cleaning equipment. Diantara cleaning equipment yg diperlukan adalah : sapu, pengki, sikat, kain pel, kain lap, dan ember, Anda juga perlu membeli mesin vacuum cleaner penyedot debu. Alat lain adalah polisher tuk memoles permukaan keramik, marmer, teraso, atau granit. Harga kedua alat itu cukup mahal.

Tuk anda yg memiliki dana minim tak perlu kuatir karena bisa disiasati dgn membeli alat cleaning service / cleaning equipment  yg bekas. Misalnya saja u ntuk alat cleaning service / cleaning equipment berupa vacuum cleaner bekas berkisar di harga 2 jutaan, dibanding dgn membeli yg baru sekitar 6 jutaan.

Contoh lainnya adalah alat cleaning service / cleaning equipment berupa mesin polisher, tuk katagori bekas harga di kisaran 5 jutaa, harga akan bisa tiga kali lipat tuk produk baru yg mencapai 15 jutaan. Itu semua masih tergantung merek yg akan anda piih.

Yg menarik dalam bisnis ini adalah dgn miniminya alat cleaning service / cleaning equipment y ang anda miliki anda bisa menawarkan jasa cleaning service rumah tangga. Kalau bisnis sudah berkembang, Anda perlu menambah vacuum cleaner lebih canggih yg bisa sekaligus digunakan sebagai mesin poles. Harganya sekitar Rp 30 juta.

Jika bisnis telah berjalan dgn baik anda bisa menambhakan berbagai alat cleaning service / cleaning equipment berupa cairan kimia pembersih. Tuk katagori bermerk, cairan kimia biasanya dibandrol dgn harga 20.000 perliternya. Namun jika dirasa mahal anda bisa menggunakan pembersih kimia curah juga tersedia dgn harga Rp 8.000 per liter.

Satu lagi yg menjadi bagian penting adalah tersediang alat transportasi. Jika yg diperlukan berupa alat cleaning service / cleaning equipment  vacuum cleaner, pekerja Anda bisa memakai sepeda motor. Tapi jika mereka harus membawa polisher, mau tidak mau anda harus menyiapkan mobil  box atapun pick up.



Info Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar