Jumat, 29 Oktober 2010

Peryaratan Ujian Sim A/C Di Jakarta



Polri kini jauh lebih baik mekipun dengan beberapa catatan, baik  salah satunya terlihat membaik adalah saat Pembuatan SIM C baru di Pusat Layanan SIM Daan Mogot. Prosesnya cepat dan total biaya yang dibtuhkan adalah sebesar 125.000, persis sama dengan yang terpampang di website Ditlantas Polri

Biaya Pembuatan SIM C di Jakarta tahun 2010
Biaya Pembuatan SIM baru: 75.000 (berkuitansi, dibayarkan di Bank BRI)
Asuransi : 30.000 (berkuitansi)
Kesehatan : 20.000 (berkuitansi)
Administrasi : 10.000 (optional)
Sewa Motor : 5.000 (optional)
Dompet : 5.000 (optional)
Total : 145.000,-

Tips mudah lulus ujian Pembuatan SIM A/C
Sedikit tips bagi yang ingin mengurus SIM C ataupun SIM A di Daan Mogot.

1. Datang pagi-pagi
Usahakan datang sebelum jam 8.00 pagi. Jangan lupa membawa alat tulis pinsil dan pulpen (bisa beli seharga Rp 2000). Juga jangan lupa membawa fotokopi KTP 4 lembar (bisa juga fotokopi ditempat seharaga Rp 2000). Pembuatan sim.

2. Test kesehatan
Langkah pertama adalah test kesehatan (mata), segera menuju tempat test kesehatan. Atau bila bngung, segera hubungi bagian informasi, atau polisi yang bertugas dibagian depan pintu masuk untuk mengetahui tahapan pengurusan test. Biaya 20.000. Hampir dipastikan test kesehatan ini lulus.

3. Bayar-bayar
Pembayaran meliputi, biaya pembuatan SIM baru dan asuransi seperti diatas

4. Test teori
Test teori terdiri dari 30 soal dengan minimum score 18. Untuk tiap jenis SIM soalnya berbeda dan ada 9 variasi untuk masing-masing SIM A, B dan C. Test teori ini merupakan saringan pertama. Beruntung, saya bisa lulus setelah dua kali mencoba, pasalnya banyak teman-teman yang hingga 6-8 kali mencoba test teori dan masih gagal. Menariknya, Polri langsung memberikan remedial test saat itu juga, sehingga tidak perlu menunggu hingga 14 hari. Namun bila remedial test gagal, maka kita hanya diperbolehkan mengulang 14 hari berikutnya.

Soal terdiri dari 2 tipe, hafalan dan analisa. Hafalan seperti, berapa usia minimum mendapatkan SIM C, apa arti rambu, soal tipe hapalan ini merupakan penyumbang score terbesar. Tipe kedua adalah analisa, sekitar 30% rasa-rasanya adalah analisa seperti kendaraan mana yang harus maju duluan, kendaraan mana yang harus menunggu. Soal tipe analisa ini cukup membingungkan.

5. Test praktek
Untuk test motor, ada 6 track yang harus dilalui: Angka delapan, Zigzag, Berjalan-Berhenti/rem dan putaran U. Pengalaman test kemarin, penguji hanya mewajibkan test ke 6 yang tersulit, yaitu putaran U pada jalan sempit. Untuk test praktek ini bila gagal tidak ada remedial test langsung seperti test teori. Kita diperbolehkan mengulang setelah 14 hari.
 a
Untuk test mobil, (agak lupa 2 tahun yang lalu nih) antara lain berhenti di tanjakan, parkir paralel

6. Foto, Sidik Jari, Cetak Kartu
Nah untuk tahapan ini juga Polri semakin baik. Proses pengurusan foto, sidik jari dan cetak kartu sangat cepat. Hampir tidak ada waktu untuk menunggu. Rasa-rasanya hari itu jumlah pemohon SIM juga cukup banyak tapi proses tetap bisa berlangsung cepat. Pembuatan SIM.

Sumber: priandoyo.wordpress.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar