Kamis, 07 Oktober 2010

Cara Mudah Mendapatkan Foto Hewan Yang Mengagumkan



Melalui persiapan dan kematangan serta perlengkapan yang tepat, anda akan mendapatkan hasil foto satwa yang menawan. Berikut akan disampaikan Tips dan Trik untuk mendapatkan Foto satwa yang mengagumkan:

1. Gunakan Perlengkapan yang Tepat
Jika menginginkan foto satwa yang mengagumkan, kenakanlah pakaian dan tas kamera (jika anda sambil mengenakan tas) yang samaran dan senada dengan lingkungannya agar kedatangan anda tidak kentara. Matikan bunyi penanda autofocus agar tidak menakuti objek yang dibidik.

2. Menonjolkan Objek
Setting-lah kamera anda dengan modus Aperture Priority (AP) dan pilih rana/diafragma lebar ( sekitar  f/4 atau f/5.6 )  untuk memburamkan background dan menonjolkan objek. Dengan modus AP tersebut, kamera akan mengatur kecepatan rana, yang bisa naik/turun secara drastis sesuai dengan perubahan cuaca dan tingkat pencahayaan selama pemotretan.

3. Zoom in dan Isi Frame
Untuk mendapatkan foto satwa terbaik, gunakanlah lensa zoom telefoto dengan jarak fokus sekitar 100mm-400mm. Jarak fokus ini cocok untuk mengabadikan foto hewan karena anda bisa melakukan zoom in dan out dari kejauhan. Untuk hasil yang lebih menarik, isi frame kemanapun objek bergerak.


4. Teknik Memotret Tajam
Apabila menggunakan lensa zoom telefoto, aturlah kecepatan rana agar tidak terlalu lambat. Dan agar gambar tetap tajam saat memotret tanpa tripod, pastikan kecepatan rana lebih cepat daripada jarak fokus lensa. Artinya, jika anda melakukan zoom pada 300mm, maka bidiklah dengan kecepatan 1/300 detik atau lebih cepat, dan tingkatkan nilai ISO kalau diperlukan. Lensa dengan fitur image stabilization memungkinkan penggunaan kecepatan shutter lebih lambat daripada lensa biasa.

5. Kecepatan Rana Lebih Cepat
Lebih baik membekukan gerakan binatang dengan kecepatan rana tinggi daripada harus menurunkan ISO dan menggunakan kecepatan rendah. Noise tidak akan jadi masalah jika gambar yang didapat sangat jelas. Jadi jangan ragu untuk meningkatkan ISO hingga 800 atau lebih untuk mendapatkan kecepatan rana lebih tinggi dan gambar lebih tajam. Inilah yang sering dilakukan oleh para fotografer profesional.

6. Tingkatkan Kesabaran
Cobalah mengamati perilaku satwa untuk melihat area mana yang mereka senangi, tempat makannya, tempat istirahatnya, dan tempat bermainnya. Kesabaran adalah kunci dari tips dan trik foto satwa ini.

Note penting :
Tidak usahlah kita pergi jauh-jauh ke Afrika untuk membuat foto satwa yang baik. Kita bisa memanfaatkan Taman Safari Indonesia atau kebun binatang terdekat di kota anda.

sumber: www.zenphotography.co.cc
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar