Kamis, 07 Oktober 2010

Pencegahan Lebih Baik Dari Pengobatan



Moto mencegah lebih baik daripada mengobati masih menjadi hal yang sangat relevan dalam dunia kesehatan. Demikian pula pandangan kita dalam memelihara kesehatan anjing peliharaan dirumah kita. Kita harus mengutamakan pencegahan daripada harus mengobati, karena mengobati bisa jadi merepotkan, menguras waktu, tenaga dan biaya.

Upaya perawatan kesehatan melalui pencegahan (Preventive health care) meliputi pemeriksaan professional dokter anjing yang teratur dan berkala, melakukan vaksinasi, pengendalian parasit dan kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan gigi dan gusi serta menjaga kandungan nutrisi atau gizi.

Pemeriksaan pada dokter anjing yang teratur dan berkala dimaksudkan adalah untuk mengetahui secara berkala perkembangan kesehatan anjing kepada dokter anjing. dokter anjing akan melihat kesehatan dan memperhatikan segala perubahan yang terjadi sehingga apabila timbul gejala penyakit maka dapat segera dideteksi dan di obati. pengechekan yang perlu dilakukan juga adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh pemilik pada saat membersihkan tubuh anjing, menggunting/membersihkan kuku, membersihkan dan memeriksa hidung, teling dan mata.

Pemeriksaan kuku dan pengguntingan kuku secara berkala juga merupakan hal yang penting dilakukan, hal ini disebabkan karena kuku yang runcing akan memudahkan terjadinya infeksi apabila menggaruk bagian tubuhnya yang gatal. Selain itu bagian tubuh anjing yang selalu bersentuhan dengan tanah adalah bagian kaki dan kuku, sehingga dengan pembersihan yang rutin dibagian ini akan mencegah anjing terinfeksi beberapa penyakit yang dibawa bersama kotoran dalam tanah. Pemeriksaan bagian telinga dan hidung juga perlu sekali dilakukan karena dibagian ini sering dipadati oleh kutu/caplak yang selain membuat gatal juga bisa menjadi vektor dari beberapa penyakit kulit dan metabolisme.

Bagaimana dengan pemeriksaan gigi pada anjing  pada dokter anjing? Tentu ini merupakan kegiatan yang termasuk penting bagi anjing. Pembersihan gigi ini bisa dilakukan oleh pemilik dengan menggunakan sikat gigi juga bisa dilakukan dengan memberikan mainan yang bisa digigit oleh anjing seperti bentuk tulang-tulang atau bola. Tentunya barang-barang tersebut tidak mengandung bahan kimia atau bahan yang berbahaya bagi anjing kesayangan kita.

Dari sekian banyak penyakit yang kerap timbul adalah cacingan. Anjing sangat mudah menderita cacingan. Penyakit ini bisa timbul akibat dari aktifitas anjing yang sangat aktif di lingkungannya. Ada banyak jenis parasit cacing yang bisa menyerang anjing seperti cacing pita, kait, kremi dan gelang. Untuk menghindari hal itu semua maka perlu memberikan obat cacing secara berkala setiap 3 bulan sekali.

Sudah seharusnya pemilik anjing semestinya memperhatikan dengan seksama kondisi anjingnya. Sehingga apabila terlihat gejala-gejala yang tidak lazin seperti lemas, diare, badan panas, adanya leleran pada hidung, mata dan gejala abnormal lainnya maka segera datang ke dokter anjing untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan. Dengan menjalankan semua perawatan tersebut diatas tentulah anjing akan sehat dan pemilikpun terhindar dari penyakit yang bisa bersifat zoonosis antara anjing dengan pemiliknya ataupun sebaliknya.


sumber: duniaveteriner.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar